Daerah

Terobosan Inovasi Disdukcapil Ende, Sekarang Urus NIK dan KK Bisa Online

ENDE-JARRAKPOSKUPANG.COM-
“Berinovasi demi kepentingan masyarakat akan terus kita lakukan dalam situasi apapun,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Lambertus Siga Sare.

Dalam rangka mengatasi permasalahan terkait belum terkonsolidasi database NIK dan KK pada Data Center Kependudukan Nasional Indonesia dan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) yang terus meninggi di Kabupaten Ende, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ende melakukan trobosan inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yakni menyediakan Layanan Online Konsolidasi NIK dan KK yang dapat di akses secara langsung oleh masyarakat di website Disdukcapil Kab. Ende yakni https://disdukcapil.endekab.go.id

Kadis Dukcapil Ende, Lambertus Siga Sare menjelaskan, Konsolidasi Database NIK dan KK adalah proses mensingkronasikan (menyesuaikan) data yang tertera pada dokumen kependudukan dan catatan sipil anda yang paling mutakhir ke Data Center Kependudukan Nasional Indonesia.

Baca Juga :  PERMMABAR Kupang Menduga BOP LBF Adalah Implikasi Kerakusan dan Penjajahan Dari Pusat

Lanjutnya, hal ini sering disebut dengan meng-online-kan NIK dan Kartu Keluarga akibat tidak terdaftar pada instansi pemanfaatan Data Kependudukan Nasional seperti :
1. Tidak bisa mendaftar CPNS
2. Tidak bisa mengurus BPJS
3. Tidak bisa mengurus rek bank
4. Tidak bisa mendaftar SIM
5. Tidak terdata di DAPODIK
5. Tidak bisa mendaftar kartu seluler prabayar
dll.

“Jadi bagi warga Kabupaten Ende, jika data NIK, nama lengkap, tempat dan tgl lahir sudah sesuai dengan KTP-el dan KK namun data masih tidak ditemukan atau tidak sesuai/tidak terdata/tidak bisa mengurus pada aplikasi layanan online maka pemohon di rumah saja dan cukup mengakses website dan mengisi formulir elektronik
Caranya sangat mudah cukup (akses website disdukcapil Kab. Ende yakni : https://disdukcapil.endekab.go.id – klik pilih menu ‘KONSOLIDASI NIK DAN KK ONLINE” – siapkan Kartu Keluarga – isi formulir elektronik – foto/scand kartu keluarga dan lakukan upload/unggah – Kirim – selesai)
Mudah – mudahan layanan ini memudahkan dan membantu masyarakat dalam mengurus pendaftaran CPNS,” ujar Kadis Dukcapil Ende, (19/7/2021).

Baca Juga :  Jacki Uly Salurkan 13 Ton Beras Untuk Korban Banjir di Sabu Raijua

Kadis Lambertus menjelaskan, selain Inovasi Konsolidasi NIK dan KK Online, Disdukcapil Kabupaten Ende juga sudah memiliki Inovasi Layanan Online seperti permohonan/pengajuan pengurusan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan kartu Identitas Anak secara Online

“Jika masyarakat mengalami kesulitan bisa menghubungi layanan pengaduan dan Pertanyaan Dukcapil Kab. Ende berbasis SMS Center dan WhatsApp di nomor : 0813 1975 0033,” pungkas Kadis Dukcapil Ende.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button