Daerah

Wabup Ngada Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 di Mapolres Ngada

BAJAWA-JARRAKPOSKUPANG.COM-
Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2021 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M, bertempat di lapangan Apel Mapolres Ngada, Rabu (05/05/2021).

Gelar Pasukan tersebut di hadiri oleh
Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, SS. M. Hum, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Luqman Nur Hakim, Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K,M.I.K, Serta Pejabat dari dari Instansi terkait.

Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 tingkat Polres Ngada diikuti oleh Satu SST Pasukan Kodim 1625/Ngada, Satu SSK Anggota Polres Ngada, nlmnpk Satu SST Satpol PP Kabupaten Ngada, Satu SST Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada, Selaku Komandan Apel Ipda Juliardi Sinambela, S.H

Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, SS, M.Hum selaku Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 tingkat Polres Ngada membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

Marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 yang diselenggarakan secara serentak diseluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol
kesehatan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel bentuk maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur
terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas.

Baca Juga :  Forum Komunikasi Mahasiswa Riung Kupang Gelar RUA

Polri menyelenggarakan Operasi
Ketupat-2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Ops Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan.

Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan.

Sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor; ST/949/V/Ops.2./2021 tentang Upaya Mencegah Terjadinya Peningkatan Penyebaran Covid- 19 Menjelang, Pada Saat, dan Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dalam pelaksaaan operasi agar melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut:

Mendirikan posko terpadu bersama dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder terkait yang memiliki kelengkapan pemeriksaan Swab Antigen dan ruang isolasi sementara di sentra-sentra ekonomi.

Lakukan patroli gabungan secara periodik untuk memastikan tidak terjadi kerumunan di sentra perekonomian dan keramaian.

Berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk melaksanakan swab antigen secara acak dan melakukan pembagian masker.

Melakukan upaya penegakan hukum protokol kesehatan dengan tim pemburu Covid-19

Melakukan penertiban kerumunan dengan memberikan sanksi berupa teguran, lisan, fisik maupun denda administratif

Khusus kepada wilayah yang menerapkan PPKM Mikro, agar memperkuat peran dan fungsi Posko PPKM Mikro, sepertí kewajiban untuk melapor bagi tamu, memastikan pelaksanaan isolasi mandiri bagi tamu, mengecek ketersediaan alat Swab antigen.

Pada wilayah zona merah dan orange, lakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk menutup tempat wisata dan tempat umum lainnya yang tidak esensial.

Adapun penekanan Kapolri dalam amanat tersebut antara lain:

Baca Juga :  Aktivis GEMMA dan PMKRI Minta KPK Segera Periksa Bupati & Ketua DPRD Malaka

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika, dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror.

Keempat, laksanakan pengamanan
secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik.

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran
hukum.

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan
pelaksanaan operasi

Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Wakil Bupati Ngada menutup amanat Kapolri dengan mengucapkan terima
kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 tingkat Polres Ngada dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H diwilayah Kabupaten Ngada.

“Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H kepada seluruh umat Muslim yang ada di Kabupaten Ngada,” ucapa Wabup Ray.

Lanjutnya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian. Selamat bertugas.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Nyoman Sarjana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button