Nasional

Waspada!, WhatsApp Seorang Wartawan di Malaka Diretas, Pelaku Minta Pinjam Sejumlah Uang

Waspada!, WhatsApp Seorang Wartawan di Malaka Diretas, Pelaku Minta Pinjam Sejumlah Uang

MALAKA-JARRAKPOSKUPANG.COM-
WhatsApp (WA) merupakan aplikasi komunikasi yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang.

Namun popularitas ini justru membuat pengguna WhatsApp kerap menjadi incaran para penjahat dalam malakukan aksi peretasan atau pembajakan pada akun WhatsApp (WA) pengguna.

Peretasan atau Pembajakan via aplikasi perpesanan WhatsApp menjadi hal yang cukup dikhawatirkan banyak orang. Pasalnya, di aplikasi itu umumnya orang berkomunikasi dengan orang lain, yang mungkin sifatnya rahasia.

Aksi pembajakan akun ini kemudian biasanya diikuti oleh aksi penipuan dengan modus meminjam uang kepada orang-orang yang ada di daftar kontak korban yang akun WA-nya diretas.

Salah satu korban peretasan akun WA baru-baru ini adalah Wartawan media Jarrakposkupang.com wilayah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ejhos Seran.

Baca Juga :  Potensi Hasilkan 1 Juta Ton Garam Wagub NTT Minta Pemerintah Jangan Impor Garam

Rekan Ejhos menceritakan, akun WhatsAppnya dibajak berawal ketika dia mendapat pesan elektronik saat buka WA untuk aktivasi ulang akun WhatsApp. Permintaan aktivasi itu pun diikutinya dengan mengikuti instruksi yang muncul di layar HP seketika itu.

“Sebelumnya pada Rabu, 24/3/2021 pukul 18.55 ada sms masuk dari pihak Whattsapp untuk verifikasi akun WA, jelang 5 menit ada chating masuk dari nomor yang tidak kenal, mereka mengaku dari Pihak Alfamart, mereka instruksikan saya untuk mengirimkan sms tersebut, lalu saya balas bertanya kepada mereka, ini dari alfamart Kabupaten mana ? dan Provinsi mana ? tapi mereka tidak menjawabnya,” jelas Korban.

Baca Juga :  Jelang KTT G20 ASEAN Summit,Tana Mori NTT Secepatnya "Didandani Bali II" di Indonesia

Lanjut Ejhos, pada Kamis, 24/3/2021sore, saya berpikir kemungkinan ini sms ini betul, lalu saya mengirimkan sms itu kepada pelaku tersebut berupa 6 digit angka, karena saya juga salah satu member alfamart yang memiliki kartu member.

“Sekitar 10 menit kemudian akun WA sudah tidak bisa dibuka lagi dan beberapa waktu kamudian para kerabat dan keluarga menyampikan kepada saya bahwa ada pesan WA masuk dari saya untuk meminta meminjamkan sejumlah uang,” ungkap Ejhos Seran.

Jarrakposkupang.com/ Tim
Editor: Francelino

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button