Opini

Orang Baik dan Rendah Hati Itu Berpulang ke Rumah-Nya: Selamat Jalan Kakak Rafael Rusik

Orang Baik dan Rendah Hati Itu Berpulang ke Rumah-Nya: Selamat Jalan Kakak Rafael Rusik

OLEH: Emanuel Boli

KUPANG-JARRAKPOSKUPANG.COM-
“Kalau mau pulang dari rumah saya, jangan beri salam atau jabatan tangan, sebab, ade pasti kembali kunjung ke rumah saya lagi,” ucap kakak Rafa, saat kami hendak pamit dari kediamannya.

Rafa. Demikian sapaan Rafael Rusik, kakak, mentor, dosen Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Undana Kupang. Kakak Rafa juga diangkat sebagai pembina Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Bunda Segala Bangsa (BSB) FKIP Undana Kupang. Ia masuk KMK pada tahun 2006 era kakak Damsil Tukan jadi Ketua. Kakak Rafa seangkatan dengan kakak Yuvens Tukung (anggota DPRD Kota Kupang), kakak Yatti Odang (PNS di PLS Pemprov NTT), kakak Femry di TTU, kakak Ary Samsung (Kepala Desa termuda di Manggarai Barat), kakak Disnawati (dosen di Unimor) dan alumni lainnya yang tidak dapat saya sebut satu persatu.

Di masa kakak Yuvens Tukung jadi Ketua KMK BSB periode 2009/2010, kakak Rafa dipercayakan sebagai Ketua Bidang Kerohanian. Salah satu program kerjanya saat itu adalah ziarah prosesi semana santa di Larantuka, Kota Reinha, Flores Timur. Kakak Rafa, putera dari bapak Magnus Albertus, guru bahasa Inggris saya semasa menimba ilmu di SMAK Frateran Podor Larantuka.

Sebagai alumni KMK-BSB, kami sering ke rumah kakak Rafa di Maulafa, Kota Kupang. Entah saat itu sebagai panitia pelaksana dan badan pengurus. Tujuan kami adalah bertukar pikiran, ide, pendapat, dan gagasan. Ada pula ke rumah untuk hantar rantangan. Menurut saya, kakak Rafa itu sosok yang cerdas, murah senyum, dan rendah hati. Hal inilah tidak membuat kami nyaman dan tidak “segan”.

Baca Juga :  Manusia Harus Memulai Habitus Baru Untuk Berdamai Dengan COVID-19

“Kalau mau pulang dari rumah saya, jangan salam atau jabatan tangan, sebab, ade pasti kembali kunjung ke rumah saya lagi,” ujar kakak Rafa.

Cuplikan di atas merupakan kalimat yang sering diucapkan saat kita hendak pamit dari kediamannya. Bagi kawan, kakak atau adik-adik KMK BSB yang sering ke rumahnya, pasti mengalami hal demikian.

Banyak Bantu KMK BSB FKIP Undana Kupang

Sebagai tanggung jawab kaderisasi di organisasi yang bersemboyan Iuvante Deo Vincimus (bersama Allah kita menang) itu, kakak Rafael banyak membantu bantu KMK-BSB. Ia telah mendedikasikan dirinya baik itu pikiran, tenaga, waktu, maupun materi.

“Kakak, terima kasih banyak sudah bantu kami saat itu penutupan MPAB KMK-BSB FKIP Undana Kupang tahun 2017 di Tabun, saat itu kami kehabisan beras dan lauk, kakak balas SMS saya: bilang ke panitia, datang ambil beras dan daging di rumah,” kata saya, juga mengutip SMS balasan kakak Rafa yang masih terekam jelas dalam ingatan.

Saat itu, Ketua Panitia MPAB KMK BSB tahun 2017, Reu Maksi Tukan. Begitu pula saat prosesi semana Santa di Larantuka tahun 2017, kakak Rafa banyak membantu. Sebab, KMK BSB difasilitasi oleh orang tua dan keluarga kakak Rafa di Waibalun, bagian barat Larantuka. Saat itu, Reu Artos Tobiona jadi Ketua panitia, lalu menjadi Ketua Umum KMK BSB FKIP Undana Kupang periode 2017/2018, menggantikan saya.

Baca Juga :  NARASI UTUH LEBIH EFEKTIF DARIPADA NARASI TUNGGAL TANGANI COVID-19

Berpulang ke Rumah-Nya

Peristiwa kematian, pasti dialami semua orang di dunia ini. Waktu, tempat, dan cara hanya Tuhan Sang EmpuNya kehidupan yang tahu. Kemarin sore, dalam perjalanan pulang dari suatu tugas, tiba-tiba ada pesan masuk di grup WhatsApp KMK-BSB FKIP Undana Kupang.

“KMK berduka…
Telah pulang ke hadirat Tuhan yang maha Kuasa kakak kita tercinta kakak Rafael M. Rusik..
Mohon doa dari kita semua🙏🙏🙏🙏,” tulis Ivon Galus, anggota KMK BSB.

Saya coba mengonfirmasi kebenaran dari informasi tersebut. Sebab, saya sama sekali tidak percaya. Setelah saya cross check berulangkali dan disertai dengan kiriman foto di grup WhatsApp, tampak kakak Rafa terbaring kaku di Rumah Sakit Boromeus.
Orang baik itu berpulang ke Rumah-Nya, Selasa, 23 Maret 2021.

Selamat jalan orang baik. Budi baik kakak selama di dunia, membuka jalan menuju Rumah Bapa di Surga. Semoga Allah memberi kekuatan, ketabahan dan kesehatan bagi keluarga yang ditinggalkan. Terkhususnya istri dan kedua anak yang masih kecil.

Doa dari kami Keluarga Besar KMK BSB FKIP UNDANA KUPANG, IUVANTE DEO VINCIMUS 🙏🙏🙏

Kupang, 24 Maret 2021

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button