Daerah

Tol Laut di Lembata, Wabup Langoday: “Pusat Benahi Manajemen, Pemda Siapkan Lembaga Ekomoni”

Tol Laut di Lembata, Wabup Langoday: "Pusat Benahi Manajemen, Pemda Siapkan Lembaga Ekomoni"

LEWOLEBA-JARRAKPOSKUPANG.COM-
Dua pelabuhan laut di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dijadikan Tol Laut.

Dikutip dari Pos Kupang.com, Kemenhub RI akan menjadikan Pelabuhan Laut Lewoleba di sebagai pilot project Tol Laut dan Pemprov NTT akan mengusulkan pelabuhan Wulandoni di wilayah bagian selatan Kabupaten Lembata untuk ditetapkan juga sebagai tol laut.

Terkait hal ini, Pemda Kabupaten Lembata sangat mengapresiasi gagasan positif dari Pemerintah pusat khususnya Kemenhub RI.

Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday, kepada Jarrakposkupang.com, Sabtu, (20/3/2021) menjelaskan bahwa yang perlu dipersiapkan ke depan terkait gagasan ini adalah kelembagaan ekonominya.

Baca Juga :  Kadishub Ngada: "Kapal Feri di Aimere Tetap Jalan"

“Yang perlu dipersiapkan ke depan terkait gagasan ini adalah soal kelembagaan ekonomi yaitu mempersiapkan sebuah lembaga pusat distribusi barang via tol laut, baik ke Lembata maupun dari Lembata,” tutur Doktor Ekonomi Unwira Kupang ini.

Dengan demikian, lanjut Mantan Guru Besar Fakultas Ekonomi Unwira Kupang ini, maka ada dua pilot project yaitu kelembagaan ekonomi sekaligus manajemen Pelabuhan atau Dermaga dan dapat diperluas tidak saja Pelabuhan Laut Lewoleba tetapi juga Pelabuhan Laut Wulandoni.

Baca Juga :  Komunitas Sahabat Alam NTT Gelar Diskusi Virtual Menanggapi Wacana Permintaan Kritik Dan Revisi UU ITE

Sosok yang dikenal merakyat itu kemudian meminta intervensi dari Pemerintah Pusat agar membenahi manajemen, sedangkan Pemda akan siapkan lembaga ekomoninya.

“Untuk kedua Dermaga ini kita minta intervensi Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub untuk membenahi manajemennya. Sementara tugas pemda Lembata dan instansi terkait adalah mempersiapkan kelembagaan ekonominya. Untuk hal ini akan dilakukan rapat koordinasi agar peran semua mitra dapat dioptimalkan,” ungkap Wabup Langoday optimis.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Francelino

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button