Daerah

Tahun 2021 Urusan di Dukcapil Kab. Ende Berbasis Online & Digitalisasi, Tak Perlu Tunggu di Kantor

Tahun 2021 Urusan di Dukcapil Kab. Ende Berbasis Online & Digitalisasi, Tak Perlu Tunggu di Kantor

ENDE-JARRAKPOSKUPANG.COM-
Segala bentuk upaya dilakukan oleh berbagai sektor dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketekunan dan Semangat menjadi dasar dalam mewujudkan upaya-upaya inovasi unggulan yang berdampak positif terhadap masyarakat.

Mengaktulisasi pelayanan masyarakat dengan sistem kerja berbasis online dan digitalisasi merupakan salah satu inovasi yang luar biasa dari Dinas Kependudukan Dan Catatat Sipil Kabupaten Ende.

Bahwasannya ditahun 2021 mendatang, masyarakat yang hendak mengurus urusannya di Dinas Kependudukan dan Catatat Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende tak perlu lagi ke Kantor untuk mengambil nomor antrian untuk mengurus, melainkan lewat handphone saja.

Hal ini dikatakan Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Lambertus Siga Sare.

Baca Juga :  Cegah Covid-19,Kodim 1604/Kupang Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Tempat Ibadah Dan Fasilitas Umum

“Jadi di tahun 2021 itu nanti masyarakat yang mau mengurus kartu keluarga, akta, KTP dan lainnya, tidak perlu ke kantor untuk ambil nomor antrian tetapi ambil nomor antrian lewat handphone, ambil nomor antrian dari rumah atau tempat kerja.”

Lebih lanjut pria sederhana ini menuturkan bahwa, kita terapkan sistem online. Jadi di tahun 2021 semua serba online, nanti hanya yang masih sementara kita benahi yaitu ruangan, sehingga benar-benar kenyamanannya terjamin. Sistem kerjanya digitalisasi, masyarakat mau loket berapa tinggal klik lalu muncul loket berapa. Kalau aktivitas masyarakat pelayanan terpusat juga akan canggih seperti operasi di ATM di Bank bahkan dia lebih canggih dari Bank dan ini menurut kami pertama di NTT.

Baca Juga :  Di Kampung Adat Umbu Koba-Sumba,Wagub Nae Soi & Bank NTT Serahkan Rp 200 Juta

“Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang duduk tunggu di kantor, akan tetapi sambil menunggu gilirannya yang di pantaunya lewat handphone masyarakat bisa sambil melakukan aktivitas-aktivitasnya seperti berbelanja ke pasar dan aktivitas lainnya, hanya yang perlu kita antisipasi yaitu masalah-masalah teknis, seperti ganguan jaringan ataupun masalah teknis lainnya,” jelas Kadis Dukcapil Ende ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa,(22/12/2020).

Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Lambertus Siga Sare juga berjanji bahwa pihaknya akan terus membagun dan mengembangkan pelayanan dengan terus menduplikasi inovasi-inovasi agar masyarakat benar-benar merasa nyaman.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Nyoman Sarjana

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close