Daerah

Pemkab Ngada Dapat Penghargaan Capaian Opini WTP Dari Kementrian Keuangan RI

Pemkab Ngada Dapat Penghargaan Capaian Opini WTP Dari Kementrian Keuangan RI

BAJAWA-JARRAKPOSKUPANG.COM
Pemerintah Kabupaten Ngada mendapatkan penghargaan dari Kementrian Keuangan atas pengelolaan keuangan daerah tahun 2019 dengan predikat capaian opini wajar tanpa pengecualian atau WTP.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana yang diwakili Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ruteng, Yustinus Kus Suhantoro di ruangan Bupati Ngada, Kamis 19 November 2020.

Demikian informasi resmi dari Kepala Bagian Admas Setda Ngada, Marthinus Penga Langa.Menurut Marthinus dalam kegiatan itu,Kepala Kantor Perbendaharaan Ruteng dalam sambutannya mengatakan capaian pengelolaan keuangan Pemkab Ngada tahun 2019 dengan predikat WTP akan berdampak pada kepercayaan publik atas pengelolaan keuangan.

Untuk itu,dirinya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemkab Ngada.Dalam sambutan singkatnya Kepala KPKN Ruteng menyampaikan beberapa hal dalam kaitannya dengan sistem pengelolaan keuangan daerah.

Pertama, dia meminta Pemkab Ngada agar dalam pelaksanaan penatausahaan anggaran Pemda di masa pandemi covid 19 ini, pemerintah daerah harus mengimbanginya dengan alih teknologi.

Hal ini tegasnya mau tidak mau semua tata kelola keuangan harus didukung dengan IT. Dan untuk mewujudkan ini, Direktorat Jendral Keuangan telah bekerja sama dengan Bank NTT sebagai Bank milik daerah untuk pengelolaan keuangan termasuk elektronifikasi SP2D yang telah terkoneksi dengan Bank NTT.

Baca Juga :  Ucapan Selamat &Sukses Untuk Pjs Bupati Ngada Oleh Keluarga Besar Dinas Kesehatan Kab.Ngada

Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengeloaan keuangan termasuk potongan pajak yang dapat disetor seketika kas Negara dalam sistem.Selain itu,setoran ke kas negara bisa dilakukan real time, sehingga dapat dengan cepat dikembalikan lagi untuk belanja Pempus dan transfer daerah.

Kedua, laporan kauangan Pemda tahun 2020 harus juga mencatumkan pengeluaran daerah khususnya dalam penanganan covid 19 sebab selain akan menjadi fokus pemeriksaan BPK, tetatapi juga bertujuan untuk memudahkan Pemerintah pusat dalam melakukan kompilasi terhadap berapa besar pengeluaran negara akibat dampak covid 19.

Dirinya atas nama KPPN Ruteng menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemkab Ngada atas kerja sama dan sinergitas kaitannya dengan pengelolaan DAK fisik dan dana Desa sehingga pergerakan ekonomi masyarakat dapat tercapai. Ini dibutikan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang secara NTT terus menerus meningkat.

Baca Juga :  Alex Riwu Kaho Dilantik Jadi Direktur Utama Bank NTT

Dirinya sungguh berharap agar, kerja sama dan sinergitas antara Pemkab Ngada dan KPPN Ruteng terus ditingkatkan di tahun mendatang. Dan KPPN Ruteng siap menerima berbagai koreksi untuk perbaikan, katanya.

Sementara itu Pjs Bupati Ngada, Linus Lusi dalam kegiatan itu mengatakan, “penghargaan Opini WTP dari Kementrian Keuangan RI tidak saja menjadi kepercayaan internal Pemkab Ngada, tetapi memberikan bukti kepada legislatif sebagai lembaga yang mengawasi Pemerintah dan juga kepada masyarakat Ngada bahwa pengelolaan keuangan daerah tahun 2019 telah dilaksanakan secara benar, maksimal dan bertanggung jawab.”

Menurutnya,penghargaan yang telah diterima sesungguhnya adalah beban moril bagi pemerintah dalam meningkatkan kinerja lebih baik lagi kedepan.

Penghargaan yang telah diterima ini katanya adalah bentuk kontribusi nyata Pemkab Ngada untuk mendukungan Provinsi NTT dalam pengelolaan keuangan daerah dengan predikat WTP pula.

Diakhir sambutannya,Pjs Linus Lusi mengharapkan dukungan dan bantuan KPPN Ruteng kedepan berkaitan dengan kinerja Pemkab Ngada untuk pengelolaan keuangan daerah.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Francelino

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close