Opini

PENANGGULANGAN COVID-19 SERAHKAN KE BIDANG TUGAS DI KABINET

KUPANG-JARRAKPOSKUPANG-
Oleh:Pakar Komunukasi Nasional,Dr.Emrus Sihombing

Saya memberi pemikiran penanganan Covid-19. Menurut hemat saya, Menko PMK sejatinya menjadi “Komando Operasional” melawan Covid-19. Komando operasional bertanggungjawab langsung ke Presiden atau Wakil Presiden.

Komando operasional ini didukung tiga unit. Menurut pengamatan saya, ada tiga unit bidang tugas di kabinet yang secara langsung dan simultan menangani Covid-19 dari hari ke hari.

Baca Juga :  KEADILAN RESTORATIF SEBAGAI SOLUSI DALAM PENYELESAIAN PIDANA ANAK

Pertama, penanganan semua yang terkait teknis pelayanan kesehatan secara nasional sebaiknya menjadi tanggung jawab Menteri Kesehatan.

Kedua, penanganan semua yang terkait teknis komunikasi publik secara nasional sebaiknya menjadi tanggung jawab Menteri Komunikasi & Informatika

Ketiga, penanganan semua yang terkait teknis pendistribusian Bansos dalam bentuk apapun secara nasional sebaiknya menjadi tanggung jawab Menteri Sosial.

Baca Juga :  Mengedepankan Komunikasi Tulus Mampu Menyelesaikan Kesalapahaman

Dengan demikian, jika terjadi permasalahan apa saja yang terkait dengan masing-masing bidang tersebut, menjadi jelas siapa yang paling bertanggungjawab. Demikian sebaliknya, jika terjadi kesuksesan sesuai bidangnya, maka menteri yang bersangkutan sangat wajar mendapat apresiasi dari rakyat Indonesia.
Salam,
Emrus Sihombing
Komunikolog Indonesia

Editor: Nyoman Sarjana

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close