Daerah

Launching Kampung Tangguh Lawir,Wabup Victor Madur:”Ini Inovasi Ketahanan Pangan


MANGGARAI-JARRAKPOSKUPANG.COM
Kampung Lawir, yang terletak di Kelurahan Lawir Kecamatan Langke Rembong Manggarai dijadikan sebagai Kampung Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penetapannya sebagai kampung tangguh ini diiniasi oleh Polres Manggarai dalam kaitannya dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan ketahanan pangan.

Launching program Kampung Tangguh Turangga Lawir ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Manggarai Drs. Victor Madur, bersama Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo S.H., S.I.K. Turut menyaksikan Dandim 1612/Manggarai Letkol Kavaleri Ifan Alfa S.Sos., serta sejumlah pejabat Kecamatan dan Kelurahan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 Wita pada hari ini Rabu, 12 Agustus 2020. Sejumlah unsur masyarakat hadir dalam kesempatan tersebut. Seperti para ketua RT, tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat serta para pemilik lahan kebun Hortikultura.
Wakil Bupati Manggarai dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa dengan ditetapkannya Kampung Lawir sebagai Kampung Tangguh merupakan sebuah inovasi baru dari Kepolisian Republik Indonesia.

Baca Juga :  Kodim 1604/Kupang Ikut Andil Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Penyakit HC Dan Penyakit ASF

“Ini suatu inovasi atau terobosan yang dilaksanakan oleh Polres Manggarai dengan berdirinya Kampung Tangguh ini. Tangguh dari aspek kemandirian masyarakat, pangan, kamtibmas dan sebagainya”, jelasnya.
Kampung Tangguh ini, lanjut Wabup Victor, diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat setempat terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan juga ketangguhan dalam hal ketersediaan pangan.

Sementara itu Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo S.H., S.I.K, menjelaskan, kegiatan launching perdana program Kampung Tangguh Turangga Lawir ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri dalam meminimalisir dampak Covid 19 di Kabupaten Manggarai.

Baca Juga :  Bupati Kupang Bersama Elemen TNI Dan Kepolisian Beserta Forokopimda Dan Poktan Tanam HMT Lamtoro Teramba

“Kegiatan ini merupakan perintah Pak Kapolri. Tujuan dilaksanakannya Kampung Tangguh ini agar masyarakat berpartisipasi dalam mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 ini,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Manggarai berkesempatan untuk meninjau lokasi tanaman hortikultura dari dari masyarakat Lawir. Adapun jenis tanaman yang dibudidaya masyarakat, antara lain: cabai dan mentimun,
berbagai macam sayuran organik seperti fambox, tomat, kol, selada kriting, dan masih banyak jenis sayuran lainnya.

Jarrakposkupang.com/Iwand Edo
Editor: Nyoman Sarjana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button