DaerahPolitik

Digadang-gadang Maju Di Pilkada Lembata,Ini Sekilas Tentang Juprians Lamablawa

Digadang-gadang Maju Di Pilkada Lembata,Ini Sekilas Tentang Juprians Lamablawa

LEMBATA-JARRAKPOSKUPANG.COM
Juprians Lamablawa, SH,MH adalah putra Ile ape,ayahnya berasal dari Lewoulun dan Ibunya berasal dari Watun Lewopito.

Dalam kesehariannya, anak muda kelahiran Tujuh April 1985 ini aktif sebagai Pengacara/Advokat dan berdomisili di Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata.

PENDIDIKAN:
Juprians Lamablawa awal mengenal dunia pendidikan pada Tk. Nurul Iklas Rayuan Kelapa-Lewoleba, menamatkan pendidikan Sekolah Dasarnya di SD Inpres Lewoleba l. Kemudian melanjukan pendidikan SMP pada SMP PGRI Lewoleba dan lulus SMA di almamater tercinta SMA PGRI Lewoleba ditahun 2004.

Sementara pendidikan tinggi Strata 1, Juprians Lamablawa menyelesaikan studinya pada Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, kemudian menyelesaikan pendidikan Strata 2 nya pada program Magister Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Pengelaman Organisasi Mahasiswa Dan Kepemudaan:
Selama menimbah ilmu di kota pendidikan Yogyakarta kurang lebih 7 Tahun, Juprian aktif diberbagai organisasi diantaranya adalah; pada Tahun 2006 Juprians Lamabelawa bergabung dalama Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) iunit Universitas Janabadra dan saat yang sama aktif sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Yogyakarta.

Pada Tahun 2008 Juprians dipercayakan sebagai Ketua Ikatan Keluarga Ile Ape Yogyakarta (TALA IA), belum selesai kepemimpinan nya di TALAIA, ia dipercaya sebagai Ketua Ikatan Keluarga Lembata Yogyakata (IKALAYA) masa bhakti 2009-2011.

Sedang menahkodai IKALAYA ditahun 2009, ia kembali dipercaya sebagai Plt. Ketua Komisariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) pada komisariat Universitas Janabadra Yogyakarta hingga tahun 2010. lepas dari itu, Juprians dipercaya sebagai Ketua Bidang Hubungan Eksternal pada Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Yogyakarta hingga tahun 2011.

Baca Juga :  Babak Baru Kasus Awololong,Penyidik Telah Periksa Saksi-Saksi Dari Luar NTT

Di akhir tahun 2011 Juprians dan kawan-kawannya, menggagas lahirnya Organisasi Mahasiswa asal Lembata yang menghimpun seluruh mahasiswa Lembata di tanah Jawa, kemudian diberi akronim SAMATA_JAWARA (Serikat Mahasiswa Lembata Jawa Raya) niat ini kemudian tidak tuntas oleh karena terkendala waktu dan biaya. Karna pada saat yang bersamaan anak muda ini sedang sibuk menyelesaikan studi magister dan pendidikan profesi Advokat_nya.

Lepas dari usaha itu,Juprian dan kawan-kawan lalu mendeklarasikan Forum Mahasiswa Lamaholot Yogyakarta, dengan melakuakn berbagai kegiatan al: diskusi seputar perkembangan NTT masa depan dan juga Lamaholot khususnya, Selain berbagai diskusi, Forum yang di nahkodai langsung oleh Juprians ini pun pernah melakukan pentas budaya Lamaholot di Kota Yogyakarta dan dihadri oleh berbagai kalangan mahasiswa Nusantara di kota Yogyakarta.

Setelah lulus studi magisternya di awal tahun 2013,Juprians tidak tergiur untuk menyusul para senior-seniornya alumni Jogja mengadu nasib ke ibu kota Jakarta. Juprians lalu memilih kembali ke Kampung halaman di Lembata dan mendirikan sebuah Lembaga Bantuan Hukum untuk membantu rakyat arus bawah dan sekaligus mengaktualisasikan keilmuannya, Lembaga Bantuan Hukum yang dibidani cucu Komandan Buterpra Adonara Lembata *Sersan Raya* ini juga dipercayakan mengisi Pos Bantuan Hukum pada Pengadilan Negeri Lembata.

Baca Juga :  Ketua BMI Lembata Ajak Masyarakat Bantu Promosi Kopi Bakan Atadei

Selain melakuakn advokasi melalui LBH yang didirikannya, Juprians Lamablawa pun di percaya oleh DPP Kongres Advokat Indonesia sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Kongres Advokat Indonesia cabang Lembata dan Flores Timur.

Kini Juprians telah dikenal oleh khalayak ramai di kampungnya di Lembata sebagai salah satu Lawyer yang selalu membantu masyarakat kelas bawah,sesuai semangat LBH yang didirikannya yaitu “Justice for people” Keadilan Untuk Rakyat.

Juprians menyadari,membantu masyarakat melalui LBH saja, rasa nya tidak cukup, musti mencari ruang perjuangan yang lebih luas, membantu Rakyat kelas bawah melalui Jalur Politik, agar tujuan kesejahteraan rakyat lebih lekas terwujud.

Atas saran,nasihat Ferdinandus Leu dan Yohanes Lalang yang adalah seniornya di Jogjakarta, Juprians lalu bergabung dengan Partai Demokrat besutan Agus Harimurti Yudoyono (AHY).

Di Partai Demokrat,Juprians Lamablawa di percaya sebagai Salah satu Wakil Ketua DPC Kabupaten Lembata mendampingi seniornya di GMNI Sebastian Edo yang adalah Ketua DPC Partai Demokrat Lembata saat ini.

Selain itu Juprians Lamablawa, SH,MH,di mata masyarakat Lembata merupakan sosok yang sangat dekat dengan masyarakat,berkat perhatiannya kepada masyarakat dalam bidang advokasi,Juprians juga digadang-gadang oleh masyarakat dari berbagai kalangan di Kabupaten Lembata untuk maju dalam kontestasi Pilkada Lembata Mendatang.

Jarrakposkupang.com/Mario Langun
Editor: Nyoman Sarjana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button